Peran Mitos Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan

Authors

  • Ni Wayan Sariani Binawati Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Keywords:

peran mitos, dunia pendidikan

Abstract

Mitos dapat berperan sebagai model dalam perkembangan dunia pendidikan. Mitos salah satu bagian dari sastra lisan yang sudah dikenal oleh masyarakat. Mitos memberikan tuntunan bertindak, berperilaku yang selanjutnya berfungsi memberi makna dan nilai kehidupan. Sebab itu mitos selalu dikaitkan dengan kehidupan riil. Memahami mitos tidak semata-mata untuk memahami sejarah masa lalu, tetapi justru memahami mitos untuk memahami fenomena kehidupan masa kini.Masyarakat pun mempercayai bahwa berbagai berbagai bentuk sastra lisan terutama cerita, dongeng, mitos dan karya-karya sejenis dapat memberikan nilai pendidikan. Mitos merupakan sebuah kebenaran yang diyakini oleh masyarakat. Ia memberikan tuntunan dan kekuatan spiritual kepada masyarakat. Mitos dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dalam dunia pendidikan.

References

Damandjaja, Janes; 1986, Focklor Indonesia.Jakarta:CV Rajawali.
Hipley, Joseph T. 1962; Dictionary of World Literature New Jersey:Littlefield Adam& Co.
Hueck, Charcotle S. Susan Hepler, dan Janet Hickman 1987; Children’s Literature in the Elementary School.New York:Holt, Rinehart and Wiston.
Juanda, Peran Sastra Anak dalam Pembiasaan Membaca sejak Anak Usia Dini sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Nasional dalam Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan:Yogyakarta, 2012.
Inkeus, Rebecca J;2003, A Critical Handbook of Children’s Literature.New York:Longman.
Mitchell, Diana; 2003, Children’s Literature, an Invetation to the World. Boston:Ablongman.
Nurgiyantoro, Burhan;2005, Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta:Gajah Mada University Press
Sax Bye, Maurice. 1991; “The Wonder of Myth and Legend,” dalam Maurice Sax Bye Gordon Winch (eds) Give Them Wings, The Experience of Children’s Literature Melbourne:The Macmillan Conmpany Holand 01-174.
Setianingsih, Anjar, 2012; Pembelajaran Sastra Tradisional di Sekolah Guna Membangun Keciutan terhadap Kebudayaan Indonesia dalam Prosiding Konferensi Internasional Kesusstraan XXII UNY, Hiski Buku 4 Sastra Anak dan Kesadaran Feminis dalam sastra. Yogyakarta:FBS UNY.

Downloads

Published

2019-12-01