Aspek Religius Dalam Antologi Guritan Wirid Wulangruh Karya Nyitno Munajat Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah

Authors

  • Ucik Fuadhiyah Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang
  • Pipin Kurniani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

aspek religius, antologi guritan Wirid Wulangruh, materi pembelajaran Bahasa Jawa.

Abstract

Geguritan (puisi Jawa) sebagai salah satu bentuk karya sastra memuatnilai-nilaiyang dapat diajarkan sebagai salah satu materi  pembelajaran sastra di sekolah.Salah satunya nilai atau aspek religius. Penelitianini bermaksud menganalisis aspek religius yang terkandung dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apasajakah aspek religius yang terkandung dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat?, 2) apakah aspek  religius yang terkandung dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat relevan untuk materi pembelajaran Bahasa Jawa SMA? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan aspek religius yang terkandung dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat, 2) mengungkapkan apakah aspek  religius yang terkandung dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat relevan untuk materi pembelajaran Bahasa Jawa SMA.Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Objek penelitian ini adalah 22 judul geguritan dalam antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat. Hasil penelitian diketahui bahwageguritan-geguritan dalam buku antologi ini mengandung empat aspek religius, yaitu keyakinan adanya kekuatan gaib, sistem keyakinan, respons yang bersifat emosional dari manusia, dan paham adanya yang kudus (sacred) dan suci. Berdasarkan hasil penelitian antologi guritan Wirid Wulangruh karya Nyitno Munajat dapat direlevansikan pada kelas XII semester 1 (satu) dalam KD 3.2 Menelaah teks geguritan dan 4.2 menulis geguritan dan membacanya. 

References

Mangunwijaya, YB. 1988. Sastra dan Religiousitas. Yogyakarta: Kanisius.

Mulyana. 2014. Bahasa Jawa Kreatif Panduan Lengkap Menulis dalam Bahasa Jawa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Munajat, Nyitno. 2018. Antologi Guritan Wirid Wulangruh. Surabaya: Sahabat Mandiri.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution, Harun. 2015. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek Jilid I. Jakarta: UI Press.

Pradopo, Rakhmat Joko. 2007. Pengkajian Puisi : Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto, B. 2004. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.

Waluyo, J. Herman. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2019-12-01