Pemertahan Bahasa Bali Dan Konsep Tri Hita Karana Dalam Struktur Pemerintahan Tradisional Ulu-Apad Di Desa Sukawana Desa Pakraman Sukawana

Authors

  • Gek Diah Desi Sentana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
  • Paya Widiata

Keywords:

Ulu-apad

Abstract

Desa-Desa Tua di Bali (Bali Aga) selain mengikuti sistem pemerintahan yang berlaku secara resmi Indonesia, juga masih mempertahankan sistem pemerintahan tradisional yang mereka miliki. Sistem pemerintahan tradisonal tetap mereka gunakan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan adat, dan berkaitan juga dengan prosesi ritual di Desa Bali Aga khususnya Desa Sukawana. Masyarakat Desa Sukawana tentunya sangat bangga karena terlahir dengan keberagaman budaya mereka miliki tersebut. Sistem “ulu apad” itulah sebutan untuk sistem pemerintahan tradisional yang menggunakan kekerabatan secara adil dan mampu menyejahterakan masyarakat di Desa Sukawana, Kabupaten Bangli. Mencapai posisi utama dalam sistem pemerintahan Ulu-Apad tidaklah mudah, tetapi harus melalui beberapa tahapan, diantaranya harus melangsungkan upacara Mapiuning Menek Madesa dan akhirnya tercatat sebagai anggota Krama Pamugbung dengan urutan mulai dari posisi paling bawah, hingga akhirnya jika ada Krama yang keluar maka secara otomatis urutan akan naik, maka disini terlihat bagaimanaperubahan struktur itu terjadi. Fungsi Sistem Pemerintahan Ulu-Apad terhadap pemertahanan konsep Tri Hita Karana telah berjalan sesuai posisi masing-masing, dimana Jero Kubayan bertindak di bidang Parahyangan,Jero Pengelanan bertindak di bidang Pawongan, dan Jero Mekel bertindak di bidang Palemahan.

References

Andonis, Tito., dkk. 1994. Sistem Pemerintahan Tradisional Masyarakat Asmat di Irian Jaya. Jakarta: Direktorat Jendral Kebudayaan.
Nantri, Ayu Putu dan I Ketut Sudantra. 1991. “Struktur Organisasi dan Hubungan Antar Lemabaga dalam Desa Adat Gianyar”. Denpasar: Laporan Penelitian, Universitas Udayana.
Noviantara, I Putu Eka. 2004. “Sistem Pemerintahan Ulu-Apad Di Desa Pakraman Sukawana, Bangli, Bali”. Singaraja: Laporan Penelitian, Undiksha.
Suparman. 2012. Sistem Pemerintahan. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2019-12-01