Tiga Pendekatan Estetika Dan Moral Etik: Proyeksi Interpretasi Ikonografis Relief Yeh Pulu

Authors

  • I Wayan ‘Kun’ Adnyana Prodi Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar

Keywords:

relief Yeh Pulu, interpretasi ikonografi, pembingkaian, perombakan, pemindahlokasian, dan moral etik

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian terapan bertujuan untuk menemukan konsep estetika yang dijadikan basis penciptaan seni lukis kontemporer. Keberadaan relief Yeh Pulu belum banyak dieksplorasi berdasar kajian visual, oleh karena itu kajian ini menggunakan teori ikonologi Panofsky. Interpretasi ikonografis (ikonologi) menemukan konsep metafora dengan tiga pendekatan estetika (pembingkaian ulang (reframing), perombakan (recasting), dan pemindahan ke ruang atau lokus global kontemporer (globalizing). Konsep estetika ini bahkan dapat disebut sebagai hasil dari interpretasi pasca-ikonografis, karena pemaknaan disusun berdasarkan relasi makna intrinsik dan ekstrinsik. Setiap adegan/plot merupakan metafora visual yang tersusun atas kesatuan unsur simbol, motif, dan alegori. Kesatuan ketiga pendekatan estetika tersebut menunjuk prinsip keutuhan yang mengandung moral etik: karakter kerja keras, pengorbanan, dan kemuliaan dalam bingkai multinarasi roman kepahlawanan sehari-hari orang-orang biasa.

References

Adnyana, I Wayan., Anak Agung Rai Remawa, dan Luh Desi In Diana Sari. (2019), “Metafora Baru dalam Seni Lukis Kontemporer Berbasis Ikonografi Relief Yeh Pulu”, dalam Jurnal Seni Budaya Mudra, Vol. 34, No. 2, Mei, Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar.
. (2018), “Multinarasi Relief Yeh Pulu, Basis Penciptaan Seni Lukis Kontemporer” dalam Jurnal Seni Budaya Mudra, Vol. 33, No. 2, Mei, Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar.
Adnyana, I Wayan ‘Kun’. (2019), “The Scene of a Woman Grabbing a Horse’s Tail in Yeh Pulu Relief, and Its Connection to Panji narrative: The Basis of Contemporary Painting Creation”, diajukan untuk Jurnal Wacana (Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Jakarta.
. (2018), Multinarasi Relief Yeh Pulu: Tujuh Pendekatan Artistik Seni Lukis Kontemporer (buku ajar), penerbit Arti, Denpasar.
. (2017), Ikonografi Kepahlawanan Relief Yeh Pulu (Penelitian, Penciptaan, dan Penyajian Seni Lukis Kontemporer); Buku Ajar, Penerbit Arti, Denpasar.
. (2017b), “Konsep Ikonografi Relief Yeh Pulu: Landasan Penciptaan Seni Lukis Kontemporer” dalam Citra Yuga (katalog pameran tunggal Wayan ‘Kun’ Adnyana), kurator: Putu Fajar Arcana, Bentara Budaya, Jakarta.
D’Alleva, Anne. (2005), Look Again! (Art History and Critical Theory), Pearson- Prentice Hall Inc, New Jersey.
Kempers, A.J. Bernet. (1959), Ancient Indonesia Art, Harvard University Press, Cambridge.
. (1978), Monumental Bali, Van Goor Zonen, Den Hag.
Leavy, Patricia. (2015), Method Meets Art: Arts-Based Research Practice (second edition), The Guilford Press, New York.
Panofsky, Erwin. (1972), Studies in Iconology, Icon Edition, Colorado.
Ramseyer, Urs. (2002), The Art and Culture of Bali, Museum der Kulturen, Basel.
Surette, Leon. (1987), “Metaphor and Metonymy: Jakobson Reconsidered” dalam University of Toronto Quarterly, Volume 56, Number 4, Summer.

Downloads

Published

2019-12-01